Kamis, 25 Agustus 2016

Tanaman Pakis Yang Ternyata Bisa Mengobati Penyakit Rematik


Obat Rematik | Pakis merupakan salah satu tanaman yang tumbuh secara berkelompok atau rumpun. Pakis biasanya tumbuh baik di daerah yang kering, lembab dan berhawa sejuk. Tunas daun muda pakis yang masih kuncup mempunyai bentuk ujung daun melengkung. Daun pakis muda yang masih belum mekar inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai sayur.

Daun pakis muda mempunyai tekstur rasa yang lembut. Rasanya menyerupai dengan asparagus, atau kacang yang mempunyai tekstur renyah. Penggunaan daun pakis untuk sayur-sayuran sudah banyak dikenal di banyak negara seperti Nepal, India, Amerika sampai Kanada. Di Indonesia sendiri sudah sejak lama masyarakatnya memanfaatkan daun pakis muda sebagai sayur-sayuran dan memang sangat digemari, sebab rasa dan teksturnya unik dan lezat.

Ada berbagai cara memasak sayur pakis ini dari mulai yang ditumis, berkuah santan atau hanya direbus dan dimakan dengan sambal kacang pedas. Selain enak, ternyata ada manfaat sayur pakis yang selama ini luput dari pengetahuan kita. Bagi anda yang hobi mengkonsumsi jenis sayuran ini, maka teruslah untuk mengkonsumsinya untuk mengambil manfaatnya, kerana setelah anda mengetahui khasiat pakis ini, anda tidak akan ragu lagi.

Khasiat Dari Tanaman Pakis Untuk Kesehatan

1. Mampu Memperbaiki Sistem Metabolisme Tubuh

Salah satu manfaat sayur pakis yang pertama adalah bisa memperbaiki sistem metabolisme tubuh, ini terjadi kerana sayur pakis ternyata mengandung vitamin A dan juga betakaroten yang cukup banyak. Sehingga tak heran jika sayur ini boleh memainkan peranan penting dalam hal metabolisme tubuh dan membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

2. Dapat Mencegah Rematik

Rematik adalah penyakit yang sering dijumpai pada sebahagian masyarakat. Dengan mengambil sayur pakis ini, anda akan dibantu terhindar dari penyakit rematik. Walaupun penyakit ini cukup ringan, tetapi jika tidak segera diobati maka tak mustahil akan berubah menjadi penyakit yang berbahaya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Manfaat sayur pakis yang ketiga ialah bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Mengapa demikian? Karena sayur pakis ini ternyata mengandung betakaroten yang sangat tinggi. Sehingga tak heran jika sistem kekebalan tumbuh menjadi terus meningkat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang Tubuh

Kandungan kalsium yang ada dalam sayur pakis ini ternyata dapat membantu anda dalam meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan tulang. Jika tulang anda sehat, sudah pasti anda tidak akan terganggu dalam bekerja.

5. Mempercepatkan Penyembuhan luka

Jika anda mengalami luka, sayur pakis boleh juga digunakan untuk mempercepat penyembuhannya. Ini terjadi kerana adanya vitamin C yang ada dalam sayur pakis, sehingga proses penyembuhan luka lebih cepat.

Itulah beberapa manfaat tanaman pakis yang mungkin saja belum anda ketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam hal penyakit dan pengobatannya. Terimakasih:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar